Tuesday, November 30, 2010

message dari ibu ana mamah arya

Ana Mamah Arya November 25 at 12:55pm Report
siang mas,...
saya ana, maaf ganggu saya hny ingin sekedar sharing nc mas.saya tau Fb mas dr webside club ortopedi.anak say juga penderita CTEV mas.skrng usianya 10bln.sejak lahir dia dah di gibs 7x.sekarang dia memakai sepatu khusus dan menjalai terapi.tetapi sampai skrng ank saya kakix blm jg bs napak sempurna seperti ank lainya,tetapi klo dia memakai sepatu khusus kakinya bagus & mau napak.tapi setelah dilepas kakinya kemali.tapi emang ada perubahan kakinya ga kaku & flexible sdh. mohon infonya yach mas??apa yg hrs saya lakukan?krna saya dah konsul ke dokter ortopedi malah disarankan utk opersi, sementara saya ga tega klo anak sekecil dia mesti operasi....

thasn...
ana

Krisna Iskandar November 30 at 2:07pm
mbak, kondisi anak saya saat ini udah normal seperti anak2 lain kebanyakan. kalau seperti yang ibu katakan emang anak saya saat usia 10 bulan juga blom bisa menapak dengan sempurna, mbak. tetapi dia memakai sepatu khusus yang dibuat dari besi dengan dilapisi busa. serta tetap memberikan terapi menekuk telapak kakinya hingga hampir menempel pada tungkai kakinya setiap hari sebanyak 500 kali untuk setiap kakinya. sekarang anak saya udah berusia 1 tahun 9 bulan dan masih menggunakan sepatu khusus tetapi berbahan dasar kulit dengan bentuk boot untuk pagi hingga sore hari, tetapi saat malam harinya dia menggunakan sepatu besinya, mbak. sepatu kulit yang anak saya pakai itu baru disarankan oleh profesor doktor subroto ketika anak saya berusia 1 tahun 5 bulan. itupun disarankan dokter karena anak saya sudah mulai mau belajar berjalan walaupun menggunakan sepatu besi.

jangan pernah ibu merasa kasihan atau sedih melihat si kecil yang memiliki kekurangan seperti anak2 kita, bu. pada dasarnya tuhan memberikan setiap manusia kelebihan. yang terutama ibu tidak boleh putus asa, coba ibu terapkan terapi seperti yang sudah saya jalankan atas saran dari dokter subroto, karena sistem terapi itu sukses untuk anak saya, bu.

kalau ada pertanyaan lebih lanjut ibu dapat menanyakan kembali ke saya.
semoga informasi yang saya berikan bermanfaat bagi anda.

11 comments:

Unknown said...

Halo Pak Krishna..
saya mempunyai putra yg juga menderita CTEV pada kaki kirinya saja
waktu dia lahir pada umur 4 hari langsung digips sama dokter orthopedi sebanyak 2 kali dengan selang seminggu jadi total 2 minggu digips, kemudian memakai sepatu CTEV splint yg dipakai hanya di kaki kirinya saja dan selama 23 jam sehari, serta saya disarankan sama dokter untuk terus memijit kaki anak saya, anak saya lahir 19 okt 2010, sekarang usianya baru 3,5 bulan.. kira2 apakah saya juga perlu memijit sampai ke tulang kering seperti yg bapak lakukan pada putri bapak, soalnya saya selama ini hanya memijit sebanyak 90 derajat saja, mulai dari usia berapa harus dipijat seperti yg bapak lakukan.. ohya pak boleh minta nomor telepon orang yg membuat sepatu CTEV, sebagai second opinion saya.. saat ini kondisi kaki anak saya kalau dibiarkan masing miring tapi kalau ditegakkan bisa dengan bantuan tangan... terima kasih pak semoga pengalaman bapak bisa menginspirasi saya..

Salam,
almira rizqia

Unknown said...

ohya email saya almira.rizqia@yahoo.com

krisna iskandar said...

Dari Dr. soebroto Sapardan inilah saya di rekomendasikan untuk membuat sepatu ke Bp. nirun yang berpraktek di Klinik sasana Husada yang terletak di jalan Kyai Maja berseberangan dengan RS. Pusat Pertamina. dari klinik tersebut saya diberikan No. Hp BP. Nirun (08161387966) guna untuk membuat perjanjian untuk bertemu. Setelah saya mencoba menghubungi Bp. Nirun tersebut kemudian saya dianjurkan untuk datang ke rumahnya yang terletak di Jl. Ciledug Raya GG. KUD RT/RW 01/05 No. 62. (ini alamat serta no telepon yang membuat sepatu orthopedi untuk anak saya).

untuk pijatan yang saya lakukan pada anak saya itu atas saran dari Dr. Soebroto Sapardan, beliau mengharuskan saya untuk melakukan pijatan pada kaki anak saya hingga telapak kakinya menempel pada tulang keringnya guna untuk melatih kelenturan pada otot tendon pada kaki anak saya sehingga tidak perlu melakukan operasi. pijatan itu saya lakukan sejak anak saya lepas dari gips hingga sekarang, mbak. karena yang beliau takutkan kalau sampai otonya udah mengeras tetapi kelenturannya kurang untuk melakukan penekukan telapak kaki ditakutkan nanti besarnya anak saya tidak bisa bersujud dan jalannya menjadi kaku, mbak.

demikian penjelasan tas pertanyaan yang mbak ajukan. kalau ada pertanyaan lebih lanjut jangan ragu untuk menanyakan kepada saya, sebab saya akan berusaha menjawab setiap pertanyaan yang diajukan berdasarkan pengalaman yang telah saya jalani selama ini.

antonius said...

Selamat malam Pa Krisna,bagaimana kabarnya? Ini saya anton.bayi saya sekarang sudah berusia 6 bulan tp dokter orthopedi saya bilang ga ada sepatu untuk usia 6 bulan.sedangkan bayi Pa Krisna umur 4 bulan saja sudah ada untuk sepatunya.Yang saya mao tanyakan :
1.sepatu/boot jenis apa yang dibuat Bpk.Nirun untuk usia 6 bulan apakah dari kulit atau msh berupa gips?
2.Umur berapa bayi Bpk.Krisna memakai sepatu boot dari kulit dan sepatu boot yang terbuat dari besi?

Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.

antonius said...

Maaf Pa Krisna ada yang mao saya tanyakan lagi.
1.Apa dalam pembuatan sepatu harus memakai surat rekomendasi dari dokter Orthopedi atau tidak?
2.Perkembangan kaki anak akan berubah, kira-kira kita harus mengganti sepatu itu berapa lama Pak Krisna?
3.Bisa saya minta nomor telepon Pak krisna untuk informasi yang lebih detail,supaya kita bisa sharing Pak?
4.Email Pak Krisna(Kr15n4_772yahoo.com) ternyata didapat ditemukan.

Sebelum dan sesudahnnya saya ucapkan banyak terima kasih,maaf klo saya banyak bertanya.

krisna iskandar said...

Selamat Sore, Pak Antonius.

Saya hendak menjawab semua pertanyaan yang bapak ajukan melalui komentar yang anda tinggalkan pada blog saya ini.

1. sepatu yang di buat oleh Pak nirun itu berupa sepatu berbahan dasar Besi guna mempertahankan posisi kaki anak saya agar tidak kembali kepada kondisi semula.

2. setelah menginjak usia 1 tahun 3 bulan anak saya baru mengenakan sepatu berbahan dasar kulit yang dibuat keras yang berbentuk sepatu boot dan pada usia 4 bulan anak saya menggunakan sepatu yang juga berbentuk lempengan besi berbentuk L untuk mempertahankan posisi kakinya agar tetap tegak lurus dan tidak kembali ke posisi semula.

3. selama saya melakukan pembuatan sepatu dengan Bapak Nirun itu saya selalu berdasarkan rekomendasi dan surat pengantar dari dokter yang menangani anak saya sebab masing-masing anak membutuhkan bentuk sepatu yang berbeda-beda berdasarkan kondisi kaki dari anak yang bersangkutan.

4. sejauh ini anak saya udah berusia 2 tahun dan masih menggunakan sepatu besi yang saya buat saat dia berusia 4 bulan saat malam hari ketika tidur serta sepatu kulit saat siang hari selama beraktifitas hingga menjelang tidur.

5. mengenai no telepon yang bapak minta dapat bapak kirimkan permintaan no teleponnya via email

6. alamat email saya kr15n4_77@yahoo.com (maaf atas kesalahan pengetikan saat menulis alamat email saya sebelumnya)

terima kasih atas perhatian dan tanggapannya, apabila ada pertanyaan lebih lanjut dapat bapak ajukan kepada saya dan saya akan dengan senang hati menjawab dan berbagi semua hal yang telah saya lalui selama ini kepada orang tua yang memiliki buah hati yang membutuhkan perhatian khusus.

Anonymous said...

perlu memeriksa:)

Anonymous said...

maaf sya juga mempunyai keponakn yg kakiny buth memakai sepatu besi juga, pa mungkin bpk. Nirun bisa membantu sya, berapakh hargany sepatu besi tu ?

krisna iskandar said...

mohon maaf, bu. mungkin ibu bisa langsung menghubungi baopak nirun yang alamat dan nomor HP-nya telah saya informasikan pada comment sebelumnya. sebab saat ini anak saya sudah dalam tahap terapi untuk mempertahankan posisi kakinya ke posisi normal dengan menggunakan sepatu terapi khusus yang berbahan dasar kulit. terima kasih atas kunjungannya ke blog saya, bu.

Unknown said...

Anak saya jg CTEV satu kaki. Saya mau Tanya, Anak bapak skrg kaki kiri sama panjang g Dengan kanannya? Pesen sepatunya dmn. Anak saya Masih 4 bln

Unknown said...

Anak saya jg CTEV satu kaki. Saya mau Tanya, Anak bapak skrg kaki kiri sama panjang g Dengan kanannya? Pesen sepatunya dmn. Anak saya Masih 4 bln